Budayakan Nge-Blogs…

Warnai hidup dengan ngeblogs…..

Bahaya menginstal antivirus berlebihan

Posted by pakpos pada November 8, 2007

Antivirus layaknya obat untuk mengobati suatu penyakit. selain mengobati, antivirus juga untuk mencegah penyakit itu menginfeksi lagi.  Tapi bagaimana kalau kita memasang antivirus lebih dari satu di 1 pc…??? jawabanya adalah aksi heroik yang berujung pada harakiri. jalannya komputer akan menjadi lambat sekali. kalau di 1 pc kita instalkan banyak antivirus  maka akan seperti premaan yang saling berebut wilayah, saling hantam dan berjibaku.

Pengalaman ini saya temui kemarin (7 November 2007). saya dimintai tolong oleh teman untuk memeriksa komputernya yang boot awalnya lambat. pertama saya mengeceknya memang permasalahnya terlihat pada bootnya. lalu saya coba untuk masuk ke safe mode. masuk ke safe mode cukup lama juga, sampai bosan nunggunya. saya coba cek dengan proces explorer untuk melihat apakah ini tanda-tanda virus. setelah cek sana sini tidak ditemukan tanda-tanda virus. Setelah tidak menemukan virus pada kompinya, saya berasumsi ini mungkin ada program yang error atau kebanyakan program yang terinstal(karena banyak program yang ngga perlu yang saya temukan). saya munuju control panel dan memilih add remove program. begitu saya buka add remove program, saya terkejut melihat 5 antivirus dipasang sekaligus pada 1 pc. akhirnya saya putuskan untuk menghapus satu persatu antivirus tersebut dan menyisakan satu saja untuk melindungi pc. setelah menguninstal 4 antivirus yang lain saya restart komputer. setelah komputer terestart boot komputer menjadi cepat tidak selambat sebelumnya.

Yang mempunyai pc rupanya tidak tahu menahu mengenai antivirus. Apapun antivirus yang diberikan temannya padanya akan diinstal pada pcnya, yang kemudian berakibat tergangunya boot awal dari komputer. Kesimpulan yang  saya peroleh dari kejadian ini : bahaya menginstal lebih dari 1 antivirus di1 pc.

7 Tanggapan to “Bahaya menginstal antivirus berlebihan”

  1. AZHARI said

    sebenarnya baik memakai 2 antivirus saja karena takutnya 1 antivirus dapat ditembus oleh virus….dan saran saya…sebaiknya memakai 1 antiviru luar negeri dan 1 lagi antivirus dalam negeri seperti PCMAV karena tidak perlu di instal…….sippp………

  2. bukannya pake satu aja, masalahnya klo banyak-banyak sering bentrok atau gak cocok antara antivirus satu dengan yang lainnya.

    klo saran saya satu antivirus dan yang lainnya hanya removal virus aja yg gak perlu di install agar tidak membuat komputer berat dan yang lebih tragis lagi bentrok dengan antivirus lainnya (bisa bikin eror Operating System).

  3. cimeng said

    emang bener….
    nggak boleh pake antivirus bolih dari satu. mereka bisa bertengkar, berebut wilayah kekuasaan. so, atu aja dah cukup, OK…!

  4. pakpos said

    PCMAV memang siip…

  5. cahya3 said

    tpi gmana nich bozzz q dh instal 3 anti viruzzz???bozz klo pkek 1 anti vruzz kn gx bguz jga krn ad anti vruz yng gx bsa ngbaca viruz trtntu……..so q usuln 3 aj dech…..1 lokal 2 luar negri….!!!

  6. yang saya tau antivirus kespersky hanya untuk menjinakan virus saja.
    gimana biar bisa antivirus kaspersky menghilang virus setelah dijinakan?

  7. Foto Artis said

    Pengalamn ini pernah saya alami, ada benernya kita cukup menggunakan 2 anti virus dalam 1 pc. local dan internasional antivirusnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: